THERESYA GATRA STERI
201110104232
201110104232
I. Identitas
Mata Kuliah : Asuhan Neonatus Bayi dan Balita II
Pokok Bahasan : Perawatan Bayi Sehari-Hari
Sub Pokok Bahasan : Memandikan Bayi
Program Studi/Semester : DIII Kebidanan Stikes Aisyiyah/II
Waktu : 30 menit
II. Kompetensi Dasar :
Mahasiswa diharapkan mampu untuk memandikan bayi dengan benar dalam perawatan sehari-hari bayi baru lahir.
III. Indikator Ketercapaian:
1. Mahasiswa mampu untuk menyiapkan alat,tempat dan pasien dalam langkah-langkah untuk memandikan bayi.
2. Mahasiswa mampu memahami langkah-langkah memandikan bayi sesuai prosedur.
3. Mahasiswa mampu untuk memandikan bayi baru lahir sesuai prosedur dengan benar.
IV. Kegiatan Pembelajaran:
1. Prosedur
Komponen Langkah | Uraian Kegiatan | Metode | Media/ Alat | Estimasi Waktu |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1. Pre Conference | Diskripsi Singkat: pentingnya memandikan bayi baru lahir setelah minggu pertama yaitu bertujuan untuk mempertahankan verniks kaseosa dalam tubuh bayi guna stabilisasi suhu tubuh. Keterampilan memandikan pada bayi baru lahir dalam Praktik Klinik Kebidanan sangat membantu mahasiswa untuk dapat memberikan asuhan kepada bayi baru lahir normal secara komprehensif. Relevansi: tanpa memiliki keterampilan memandikan bayi baru lahir maka mahasiswa tidak mampu mengembangkan pengalaman praktik klinik dengan baik dan benar serta tidak dapat memberikan asuhan pada bayi baru lahir secara maksimal. Pendahuluan: 1. Memberi salam kepada mahasiswa 2. Meminta mahasiswa untuk mereview ulang praktik terakhir yang dilakukannya 3. Menanyakan kepada mahasiswa tentang pengetahuan baru yang di dapat selama praktik dan relevansinya 4. Menanyakan kepada mahasiswa, langkah mana yang ingin dilatih secara khusus dalam praktik memandikan bayi yang akan dilakukannya 5. Mereview langkah-langkah di dalam penuntun belajar memandikan bayi yang dianggap sulit oleh mahasiswa, yang akan dipraktikannya 6. Bersama mahasiswa, menentukan tujuan spesifik yang akan dicapai pada praktik memandikan bayi 7. Menyampaikan tahapan dan waktu yang akan dilalui pada praktik ini 8. Membuat kesepakatan dengan mahasiswa apabila terdapat kesalahan saat praktik memandikan bayi dan cara memberitahukannya | Tanya jawab | Checklist | 8 menit |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
2. Conference | 1. Memperhatikan mahasiswa dalam melakukan keterampilan a. Mempersiapkan alat b. Mempersiapkan tempat c. Mempersiapkan pasien 2. Merujuk pada penuntun belajar memandikan bayi saat mengadakan pengamatan 3. Mencatat kinerja mahasiswa dalam penuntun belajar memandikan bayi selama pengamatan 4. Memperhitungkan keberadaan klien saat memberi umpan balik kepada mahasiswa 5. Memberi komentar perbaikan setelah mahasiswa melakukan praktik keterampilan memandikan bayi | Bed Site Teaching | Checklist | 12 menit |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
3. Post Conference | 1. Memberi salam dan ucapan selamat kepada mahasiswa 2. Menanyakan pendapat mahasiswa tentang praktik memandikan bayi yang baru saja dilakukannya 3. Meminta mahasiswa, menyebutkan langkah-langkah memandikan bayi yang telah dikerjakannya dengan baik 4. Merujuk kembali kepada penuntun belajar memandikan bayi 5. Melakukan evaluasi secara lisan kepada mahasiswa 6. Memberi saran spesifik untuk perbaikan 7. Memberi umpan balik positif untuk langkah-langkah memandikan bayi yang telah dikerjakan dengan baik 8. Bersama mahasiswa menentukan tujuan dari praktik yang akan datang | Tanya jawab | Checklist | 10 menit |
2. Alat
· Bak mandi berisi air hangat
· Washlap
· Sabun mandi
· Handuk
· Pakaian bayi
· Kapas DTT
· Bengkok
· Sarung tangan
· Scort
3. Evaluasi
1) Pengetahuan dinilai dari tanya jawab sebelum dan sesudah melakukan tindakan memandikan bayi.
2) Keterampilan dinilai dari kemampuan mahasiswa dalam melakukan tindakan praktikmemandikan bayi sesuai dengan cheeklist yang ada.
3) Sikap dinilai dari aspek kedisiplinan, kejujuran, kesopanan, kerjasama, kerapian dan tanggung jawab
Lampiran
1. Checklist keterampilan memandikan bayi.
2. Job sheet keterampilan memandikan bayi.
3. Materi memandikan bayi.
4. Format asuhan kebidanan pada BBL
Mengetahui,
Pembimbing Akademik
(Rusminingsing,S.ST)
Lampiran 1
PENUNTUN BELAJAR MEMANDIKAN BAYI BARU LAHIR
No | ASPEK-ASPEK YANG DINILAI | NILAI | ||
0 | 1 | 2 | ||
A. Sikap dan Perilaku | ||||
1. | Mengucapkan salam, menyambut klien, memperkenalkan diri dan berjabat tangan dengan ramah. | | | |
2. | Menjelaskan tujuan tindakan yang akan dilakukan, meminta persetujuan dan kontrak waktu. | | | |
3. | Memberikan kesempatan kepada klien untuk bertanya dan memberikan perhatian pada setiap pertanyaan klien. | | | |
4. | Tanggap dan merespon terhadap reaksi pasien dengan tepat dan komunikasi aktif dengan pasien. | | | |
5. | Sabar dan teliti, tidak tergesa-gesa, percaya diri dan tidak gugup. | | | |
B. Persiapan | ||||
6. | Persiapan tempat a. Bersih b. Aman c. Nyaman d. Rapi e. Tenang | | | |
7. | Persiapan alat a. Bak mandi berisi air hangat b. Washlap c. Sabun mandi d. Handuk e. Pakaian bayi f. Kapas DTT g. Bengkok h. Sarung tangan i. Scort | | | |
C. Pelaksanaan | ||||
8. | Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir | | | |
9. | Memakai sarung tangan dan skort | | | |
10. | Meletakkan bayi di meja mandi | | | |
11. | Membuka pakaian bayi | | | |
12. | Membasahi waslap dengan air hangat | | | |
13. | Menyeka bayi dengan washlap basah dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia | | | |
14. | Membasahi washlap dan beri sabun | | | |
15. | Menyeka dengan waslap yang telah diberi sabun mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia | | | |
16. | Mengangkat tubuh bayi dengan cara memasukkan tangan kiri kebawah leher bayi hingga pergelangan tangan berada dibawah leher, tiga jari berada dibawah ketiak kiri bayi dan ibu jari serta telunjuk dibagian bahu kiri. Tangan kanan memegang bokong bayi melalui kedua paha bayi | | | |
17. | Memasukkan bayi kedalam bak mandi dengan hati-hati dengan posisi setengah duduk | | | |
18. | Membersihkan bekas sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari kepala, leher,dada, tangan, perut dengan tangan kanan penolong | | | |
19. | Menelungkupkan bayi diatas tangan kiri, jari-jari dibawah ketiak kanan bayi | | | |
20. | Membersihkan sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari punggung, bokong, kaki dengan tangan kanan penolong | | | |
21. | Mengembalikan bayi keposisi telentang | | | |
22. | Mengangkat bayi dan letakkan diatas handuk bersih, lembut dan kering | | | |
23. | Mengeringkan tubuh bayi mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan | | | |
24. | Membersihkan tali pusat dengan kapas DTT | | | |
25. | Mengenakan pakaian bayi | | | |
26. | Meletakkan bayi dibox bayi/ditempat yang aman | | | |
27. | Membereskan alat | | | |
28. | Membuka sarung tangan serta skort | | | |
29. | Mencuci tangan dengan sabun air mengalir, mengeringkan dengan handuk bersih | | | |
30. | Melakukan pendokumentasian | | | |
D. Teknik | ||||
31. | Melaksanakan tindakan secara sistematis, efektif dan efisien | | | |
32. | Melaksanakan tindakan secara berurutan | | | |
33. | Menjaga privacy pasien | | | |
34. | Memberikan perhatian terhadap respon pasien | | | |
35. | Melaksanakan tindakan dengan percaya diri dan tidak ragu-ragu | | | |
Total nilai | | | |
Yogyakarta,.......Juni 2011
Keterangan Evaluator
0 = Tidak dilakukan sama sekali
1 = Dilakukan tetapi kurang sempurna
2 = Dilakukan dengan sempurna (.................................)
Nilai batas lulus > 70
Nilai yang didapat
Nilai = x 100%
(Jumlah aspek yang dinilai x 2)
Catatan : ..................................................................................................................
Lampiran 2
PROSEDUR PELAKSANAAN
NO | LANGKAH-LANGKAH | KEY POINT |
1 | Beritahu orang tua bayi tindakan yang akan dilakukan | Segala tindakan yang akan dilakukan harus kita informasikan kepada pasien/ keluarga |
2 | Siapkan alat dan bahan untuk memandikan bayi | Penempatan alat secara ergonomis |
3 | Siapkan ruangan | Tutup pintu dan jendela untuk mencegah terjadinya hipotermi |
4 | Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, keringkan dengan handuk bersih | Lepaskan semua perhiasan di tangan dan lakukan dengan tehnik 7 langkah |
5 | Pakai sarung tangan dan scort | Alat perlindungan diri |
6 | Letakkan bayi diatas meja mandi | Perhatikan keamanan dan kenyamanan bayi |
7 | Buka seluruh pakaian bayi | Lakukan dengan lembut, tetap jaga suhu tubuh bayi dengan menggunakan kain sebagai alas |
8 | Basahi washlap dengan air hangat | Gunakan washlap yang lembut, dan memastikan kehangatan air secara tepat |
9 | Seka bayi dengan waslap basah dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia | Lakukan dengan urutan yang benar, gerakan yang lembut serta mantap |
10 | Basahi waslap dan beri sabun | Gunakan sabun secukupnya dan buat busa dengan waslap basah |
11 | Sabun bayi mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia | Lakukan dengan hati-hati, sabun jangan mengenai muka bayi |
12 | Angkat tubuh bayi dengan cara memasukkan tangan kiri kebawah leher bayi hingga pergelangan tangan berada dibawah leher, tiga jari berada dibawah ketiak kiri bayi dan ibu jari serta telunjuk dibagian bahu kiri. Tangan kanan memegang bokong bayi melalui kedua paha bayi | Keamanan agar bayi tidak mudah terlepas dari pegangan |
13 | Masukkan bayi kedalam bak mandi | Lakukan dengan hati-hati dan dengan posisi bayi setengah duduk |
14 | Bersihkan bekas sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari kepala, leher,dada, tangan, perut dengan tangan kanan penolong | Pastikan tubuh bersih dari sabun |
15 | Telungkupkan bayi diatas tangan kiri, jari-jari dibawah ketiak kanan bayi | Bila dengan cara ini ada kesulitan bersihkan bagian punggung dengan posisi bayi terlentang |
16 | Bersihkan sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari punggung, bokong, kaki dengan tangan kanan penolong | Pastikan tubuh bayi bersih dari sabun |
17 | Kembalikan bayi keposisi telentang | Pastikan bayi dalam posisi aman, agar tidak lepas dari pegangan saat diangkat |
18 | Angkat bayi dan letakkan diatas handuk bersih, lembut dan kering | Lakukan dengan cekatan |
19 | Keringkan tubuh bayi mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia | Lakukan dengan lembut dan urutan yang tepat |
20 | Bersihkan tali pusat dengan kapas DTT | Perawatan tali pusat dengan membersihkan menggunakan kapas yang dicelupkan air DTT |
21 | Kenakan pakaian bayi | Jangan biarkan bayi terlalu lama tanpa pakaian untuk mencegah kehilangan panas |
22 | Letakkan bayi dibox bayi/ditempat yang aman | Keamanan dan kenyaman bayi |
23 | Bereskan alat | Jaga kebersihan dan siap dipakai kembali |
24 | Buka handscond | Lakukan proses DTT |
25 | Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, keringkan dengan handuk kering | Lakukan dengan 7 langkah |
26 | Dokumentasikan tindakan yang telah dilakukan | Bukti asuhan, tanggung jawab dan tanggung gugat |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar