Jumat, 06 Januari 2012

Karya Anak Bangsa Indonesia

Jokowi Ganti Mobil Dinas Karya Siswa SMK

Toyota Camry-nya pensiun, gantinya mobil Kiat Esemka ini. Nanti, ke Semarang dan Jakarta mau saya pakai. Bagus sekali, produk dalam negeri ini


Jokowi Ganti Mobil Dinas Karya Siswa SMK
Wali Kota Solo, Joko Widodo dengan mobil dinas baru, merek Kiat Asemka [vivanews]
Berita Terkait :
Selasa, 03 Januari 2012 | 08:04 WIB
Skalanews – Di awal 2012 ini, Wali Kota Solo, Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi,  berganti mobil dinas.

Namun, mobil dinas barunya ini bukan mobil mewah buatan Jepang, Jerman, ataupun Amerika Serikat, yang umumnya digunakan para pejabat melainkan mobil dinas buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo, Jawa Tengah.

Akibatnya, Toyota Camry yang sudah digunakan sebagai mobil dinas sebagai Wali Kota selama 11 tahun itu untuk sementara dipensiunkan dulu dan diganti mobil dinas baru merek Kiat Asemka ini.

“Toyota Camry-nya pensiun, gantinya ini (Kiat Esemka). Nanti, ke Semarang dan Jakarta mau saya pakai. Bagus sekali, produk dalam negeri ini, “kata Jokowi usai mencoba mobil dinas baru  di lapangan upacara Balai Kota, Solo, Senin (2/1/2012) kemarin  

Mobil baru kebanggaan Jokowi itu merupakan hasil karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta yang bekerjasama dengan bengkel mobil Kiat Motor Klaten. Diakuinya, kondisi mobil yang kini dijadikan tunggangan untuk kegiatan sehari-harinya itu cukup bagus - baik dari segi desain interior maupun kualitas mesin.

"Desain interior sangat bagus. Ini terlihat dari pengerjaannya yang halus. Selain itu mesin halus sekali sehingga saya tidak ada komplain sama sekali," ucapnya memuji.

Oleh sebab itu mobil sejenis sport utility vehicle (SUV) berwarna hitam dan irit bahan bakar ini diharapkan mampu bersaing dengan produsen mobil sejenis buatan luar negeri. Mobil berkapasitas mesin 1.500 cc dan berbahan bakar premium ini menggunakan komponen lokal hingga 80 persen dan dilengkapi pula dengan remote control

Dua unit mobil Kiat Esemka tampak telah menghiasi halaman Balai Kota Solo. Rencananya, satu mobil dipinjamkan kepada Jokowi dengan plat nomor khusus  AD 1 A dan satu lagi untuk Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. 

"Saya sangat bangga dengan produk lokal ini. Makanya saya mau mempromosikannnya," paparnya dengan yakin.

Tidak hanya itu, harga mobil Kiat Esemka ini cukup kompetitif, dengan perhitungan produksi massal maka harga satu unit Kiat Esemka mampu dibanderol Rp95 juta per unitnya. Tapi untuk dua mobil dinas Kepala Daerah Kota Solo ini, ongkos produksinya mencapai Rp350 juta per unit.

“Itu karena prototype, jadi lebih mahal. Perakitannya dilakukan selama tiga bulan,” pungkas Jokowi.  (bus)


sumber : http://skalanews.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...