Senin, 13 Agustus 2012

Sarkoma Uteri


A.     Definisi
Sarkoma uteri atau sarkoma uterus adalah penyakit yang ganas (kanker) sel terbentuk dalam otot rahim atau jaringan lain yang mendukung rahim. Rahim adalah bagian dari sistem reproduksi wanita. Rahim adalah organ, berongga berbentuk pir di panggul, di mana janin tumbuh. Leher rahim adalah di akhir, lebih rendah sempit rahim, dan mengarah ke vagina.
Sarkoma rahim adalah jenis penyakit yang sangat jarang, kanker yang terbentuk di dalam otot rahim atau pada jaringan yang mendukung rahim. Sarkoma rahim berbeda dengan kanker endometrium, penyakit di mana sel-sel kanker mulai tumbuh di dalam lapisan rahim.

B.  Penyebab
1.      Faktor genetik (keturunan)
2.      Pola hidup yang tidak baik (makan, aktifitas)
3.      Wanita yang obesitas memiliki kecenderungan lebih

C.     Tahap- tahap Dalam Sarkoma Uteri
1.       Tahap I
Pada tahap I, kanker ditemukan di rahim saja. Stadium I dibagi menjadi: tahap IA, tahap IB, dan tahap IC, berdasarkan seberapa jauh kanker telah menyebar.
a)      Stadium IA: Kanker di endometrium saja.
b) Stadium IB: kanker telah menyebar ke separuh bagian dalam miometrium (lapisan otot rahim).
c) Stadium IC: Kanker telah menyebar ke bagian luar miometrium.
2.      Tahap II
Pada tahap II, kanker telah menyebar dari uterus ke leher rahim. Tahap II dibagi menjadi tahap tahap IIA dan IIB, berdasarkan seberapa jauh kanker telah menyebar.
a) Stadium IIA: Kanker telah menyebar ke kelenjar dimana serviks dan rahim bertemu.
b) Stadium IIB: Kanker telah menyebar ke jaringan ikat leher rahim
3.      Tahap III
Pada tahap III, kanker telah menyebar di luar rahim dan leher rahim, tetapi belum menyebar di luar pelvis. Tahap III dibagi menjadi tahap IIIA dan IIIB tahap, berdasarkan seberapa jauh kanker telah menyebar di dalam panggul.
a) Stadium IIIA: Kanker telah menyebar ke satu atau lebih hal berikut: lapisan terluar dari rahim dan peritoneum.
b) Tahap IIIB: Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di panggul dan di dekat rahim.
4.      Tahap IV
Pada tahap IV, kanker telah menyebar keluar panggul. Tahap IV dibagi menjadi IVA IVB panggung dan panggung, berdasarkan seberapa jauh kanker telah menyebar.
a) Stadium IVA : kanker telah menyebar ke lapisan kandung kemih dan usus.
b) Stadium IVB: kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh luar panggul, termasuk kelenjar getah bening di perut dan selangkangan.

D.      Diagnosis Sarkoma Uteri
Tes yang memeriksa rahim digunakan untuk mendeteksi (mengetahui) dan mendiagnosis sarkoma uterus. Pengujian berikut dan prosedur dapat digunakan:
1. Fisik ujian dan sejarah
Sebuah ujian tubuh untuk memeriksa tanda-tanda kesehatan umum, termasuk memeriksa tanda-tanda penyakit, seperti benjolan atau apapun yang tampak tidak biasa. Sejarah kebiasaan kesehatan pasien dan penyakit masa lalu dan perawatan juga akan diambil.
2. Panggul uji
Uji dari vagina, leher rahim, rahim, tabung tuba, ovarium, dan rektum. Pemasangan dokter atau perawat satu atau dua dilumasi, jari bersarung dari satu tangan ke dalam vagina dan tangan lainnya diletakkan di atas perut bagian bawah untuk merasakan ukuran, bentuk, dan posisi uterus dan ovarium. Spekulum juga dimasukkan ke dalam vagina dan tampak dokter di vagina dan serviks untuk tanda-tanda penyakit. Sebuah tes smear atau Pap smear serviks biasanya dilakukan. Dokter juga menyisipkan jari, dilumasi bersarung ke dalam rektum untuk merasakan benjolan atau daerah abnormal.
3. Pap smear
Suatu prosedur untuk mengumpulkan sel-sel dari permukaan serviks dan vagina. Sepotong kapas, kuas, atau tongkat kayu kecil digunakan untuk lembut mengikis sel-sel dari leher rahim dan vagina. Sel-sel dilihat di bawah mikroskop untuk mengetahui apakah mereka normal. Prosedur ini juga disebut Pap smear. Karena sarkoma uterus dimulai di dalam rahim, kanker ini mungkin tidak muncul pada tes Pap smear.
4. Dilatasi dan kuret
Operasi untuk mengangkat contoh jaringan atau lapisan dalam rahim. Leher rahim adalah melebar dan kuret (alat berbentuk sendok) dimasukkan ke dalam rahim untuk menghapus jaringan. Contoh jaringan dapat diambil dan diperiksa di bawah mikroskop untuk tanda-tanda penyakit.
5. Biopsi Endometrial
Penghapusan jaringan dari endometrium (lapisan dalam rahim) dengan menyisipkan fleksibel, tabung tipis melalui leher rahim dan ke dalam rahim. Tabung ini digunakan untuk lembut mengikis sejumlah kecil jaringan dari endometrium kemudian lepaskan sampel jaringan. Seorang ahli patologi pandangan jaringan di bawah mikroskop untuk mencari sel-sel kanker.

E.      Gejala dan Tanda Sarkoma Uteri
1. Perdarahan rahim yang abnormal
2. Siklus menstruasi yang abnormal
3. Perdarahan diantara 2 siklus menstruasi (pada wanita yang masih mengalami menstruasi)
4. Perdarahan vagina atau spotting pada wanita pasca menopause
5. Perdarahan yang sangat lama, berat dan sering (pada wanita yang berusia diatas 40 tahun)
6. Nyeri perut bagian bawah atau kram panggul
7. Keluar cairan putih yang encer atau jernih (pada wanita pasca menopause)
8. Nyeri atau kesulitan dalam berkemih
9. Nyeri ketika melakukan hubungan seksual.

F.     Pengobatan Sarkoma Uteri
Prosedur berikut dapat digunakan untuk mengobati sarkoma uterus atau alternatif untuk menangani sarkoma uteri :
1. Laparotomi
Sebuah prosedur pembedahan di mana insisi (memotong) dibuat di dinding perut untuk memeriksa bagian dalam perut untuk tanda-tanda penyakit. Ukuran insisi tergantung pada alasan laparotomi sedang dilakukan. Terkadang organ dikeluarkan atau sampel jaringan yang diambil dan diperiksa di bawah mikroskop untuk tanda-tanda penyakit.
2. Perut dan pembasuhan panggul
Sebuah prosedur di mana suatu larutan garam ditempatkan ke dalam rongga panggul tubuh dan perut. Setelah waktu yang singkat, cairan akan dihapus dan dilihat di bawah mikroskop untuk memeriksa sel-sel kanker.
3. Total abdominal histerektomi
Sebuah prosedur pembedahan untuk membuang rahim dan leher rahim melalui sayatan besar (dipotong) di perut.
4. Bilateral salpingo-ooforektomi
Operasi untuk menghapus kedua ovarium dan kedua saluran tuba.
5. Limfadenektomi
Sebuah prosedur pembedahan di mana kelenjar getah bening dikeluarkan dan diperiksa di bawah mikroskop untuk tanda-tanda kanker. Untuk limfadenektomi regional, beberapa kelenjar getah bening di daerah tumor dihapus. Untuk limfadenektomi radikal, sebagian besar atau seluruh kelenjar getah bening di daerah tumor dihapus. Prosedur ini juga disebut diseksi kelenjar getah bening.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...