Selasa, 07 April 2009

Puskesmas Pembantu Kayakah, kutunggu pengabdianmu

Oleh : Mahyuliansyah



Puskemas Pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang serta melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang sederhana.
Puskesmas Pembantu merupakan unit fungsional yang menjadi bagian integral dari Puskesmas dan menunjang pelaksanaan kegiatan Puskesmas pada wilayah kerja Puskesmas. Adapun tujuannya adalah mempermudah jangkauan pelayanan kesehatan bagi desa-desa yang jauh dari Puskesmas induk.

Pelayanan kesehatan sudah selayaknya terjangkau sampai ke pelosok daerah. Salah satunya sarana yang dibutuhkan yakni Puskesmas Pembantu.
Secara administrasi merupakan perangkat Pemerintah Daerah Tk II dan bertanggung jawab langsung baik teknis medis maupun teknis administrasi kepada Pimpinan Puskesmas.
Di dalam jenjang pelayanan kesehatan, Puskesmas Pembantu termasuk pada tingkat elayanan kesehatan dasar.
Saat ini saya berada di sebuah Pustu bersama 2 orang teman. Pustu ini dikunjungi setiap hari oleh petugas kesehatan secara bergiliran. Jarak tempuh dari kecamatan sekitar 15 km, di tengah rawa dikelilingi hutan dan sawah. Wilayah kerjanya yaitu desa Kayakah dan desa Murung Panggang. Lokasi Pustu berada di desa Kayakah dan nama pustunya adalah Pustu Kayakah. Untuk mencapai lokasi harus melewati titian panjang yang berjarak 1 km yang menghubungkan dari desa di seberang rawa. Begitulah setiap hari petugas berkunjung kesana
Puskesms Pembantu Kayakah merupakah salah satu puskesmas pembantu yang berada di Kecamatan Amuntai Selatan Kab.Hulu Sungai Utara Kal.sel. yang dianggap terpencil dikarenakan lokasi yang sulit dijangkau.

Beberapa tokoh masyarakat berpendapat bahwa dengan keberadaan Pustu di wilayah mereka sangatlah membantu dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang mereka hadapi. Sehubungan dengan itu mereka berharap ada petugas yang bertugas dan menempati Pustu tersebut. Selama beberapa bulan terakhir hanya dilakukan kunjungan petugas Puskesmas Amuntai Selatan secara bergiliran. Mudah-mudahan pada tahun 2009 ini ditempatkan kembali seorang petugas difenitif yang baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...