Kamis, 29 November 2012

SATUAN ACARA PENYULUHAN PRA MENARCHE


SATUAN ACARA PENYULUHAN
PRA MENARCHE

A.          LATAR BELAKANG
                                                           
Berdasarkan hasil pengkajian pada keluarga Bapak Ydi RT 02 RW 15 Pedukuhan Gamping Tengah Desa Ambarketawang bahwa putrinya An.V adalah remaja awal berusia 13tahun belum mendapatkan pengetahuan tentang pra menarche.maka saya akan memberikan penyuluhan tentang pra menarche dan cara menghadapinya.

Pokok Bahasan           : Kespro
Sub Pokok Bahasan    : Pra Menarche
Penyuluh                     : Baiq ida rizqia
Hari/Tanggal               : Sabtu, 20 Oktober 2012
Waktu                         : 17.00 WIB
Tempat                        : Rumah Bpk.Y
Sasaran                        : An.V

I.                   Tujuan Umum
An.V  dapat mengerti tentang pra menarche dan lebih siap menghadapi menarche bila menarche sewaktu waktu mendapatkan menarche.
II.      Tujuan Khusus
a.       An.V dapat mengerti tentang pngertian menarche.
b.      An.V dapat mengetahui persiapan apabila mendapatkan menarche.
III.    Materi
         Terlampir
IV.  Metode
a.       Penyuluhan
b.      Tanya jawab
  V.    Media
        Leaflet

  VI. Kegiatan
    .      Pelaksanaan
No.
Acara
Waktu
Kegiatan penyuluhan
Evaluasi
1.
Pembukaan
4 menit
a.        Mengucapkan salam dan terima kasih atas kedatangan para peserta.
b.   Memperkenalkan diri dan apersepsi.
Menjawab salam, mendengarkan dengan seksama
2.
Inti
15 menit
a.   Menyampaikan materi tentang pra menarche
c
Mendengarkan dan memperhatikan
3.
Diskusi dan demonstrasi
11 menit
Memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya jika terdapat hal-hal yang belum jelas
Peserta mengajukan pertanyaan
4.
Penutup
5 menit
a    Menyimpulkan hasil penyuluhan
b    Mengevaluasi hasil kegiatan
c    Memberi salam dan meminta maaf
      bila ada kesalahan
d    Mengucapkan terima kasih atas
      perhatian dan mengucapkan salam
pe  penutup
Peserta memperhatikan dan menjawab pertanyaan
Menjawab salam

     VI.  Evaluasi

No
Pertanyaan
                        Jawaban
1.
Pk   Apa pengertian menarche?
Menarche adalah haid yang pertama kali datang. Haid adalah perdarahan yang berasal dari uterus sebagai tanda bahwa alat kandungannya menunaikan fungsinya, terjadi setiap bulan secara teratur pada seorang wanita dewasa yang sehat dan tidak hamil.
2.
Apa yang harus disiapkan sebelum mendapatkan menarche?
1.      Menyiapkan mental
2.      Pengetahuan mengenai menstruasi
3.      Melakukan komunikasi dengan orang tua ataupun saudara permpuan.


VII. Pengesahan

                                                                                                   Yogyakarta,20 Oktober 2012
                  Sasaran                                                                               Pemberi Penyuluhan

                  An.V                                                                                   Baiq Ida Rizqia          
 

                                                       Mengetahui,
                                                       Pembimbing


                                                     Ismarwati , SKM., MPH
                                               













LAMPIRAN
MATERI
PRA MENARCHE
Defenisi Menarche
Menarche adalah haid yang pertama kali datang. Haid adalah perdarahan yang berasal dari uterus sebagai tanda bahwa alat kandungannya menunaikan fungsinya, terjadi setiap bulan secara teratur pada seorang wanita dewasa yang sehat dan tidak hamil. Haid merupakan ciri khas seorang wanita dimana terjadi perubahan-perubahan siklik dari alat kandungannya sebagai persiapan kehamilan (Depkes RI, 1998).
Fisiologis Menarche
Munculnya haid pertama terjadi di tengah-tengah masa pubertas, yaitu masa peralihan dari anak-anak ke dewasa yang memegang peranan penting dalam proses tersebut adalah hubungan Hipotalamus, Hipofisis dan Ovarium (Hypotalamic-Pituitari-Ovarikratis). Hal ini merupakan hasil kerjasama antara Korteks Serebri, Hipotalamus, Hipofisis, varium, Glanduna Supra Renalis dan Kelenjar-kelenjar Endokrin lainnya.
Pada permulaan masa kanak-kanak sistem ini sudah berjalan kemudian tidak berfungsi lagi disebabkan sistem proses itu sangat peka terhadap steroid, sehingga menghambat proses itu sendiri. Rendahnya Gonadotropin Releasing Hormone (GnRH) pada saat itu juga akibat unsur instrinsik penghambat susunan saraf yang mempunyai mekanisme penekanan denyutan (GnRH).
Saat sebelum masa pubertas, sekresi GnRH secara pulstabil dengan frekuensi rendah telah dimulai 4 tahun sebelum menarche, diikuti dengan kenaikan sekresi LH oleh Hipofisis pada malam hari. Pada masa pubertas, sekresi GnRH yang berfrekuensi rendah pelan-pelan berubah seperti wanita dewasa dengan sekresi yang berlangsung selama 24 jam, pola sekresi FSH dan LH juga mengikuti perubahan-perubahan sekresi pulstabil GnRH ini.
Menurut Teori Neurohormonal yang dianut sekarang, Hipotalamus mengawasi sekresi hormon Gonodotropin oleh Adeno Hipofisis melalui sekresi Nurohormon yang disalurkan ke sel-sel Adeno Hipofisis lewat sirkulasi portal yang khusus yang dapat merangsang produksi dan pelepasan Gonadotropin dari Hipofisis.
Folikel-folikel yang berkembang selama sebelum menghailkan hormon estrogen dan kemudian mati, yang lainnya telah dirangsang FSH sehingga folikel ini berkembang mensekresi estrogen. Semakin lama jumlah folikel yang dirangsang semakin banyak sehingga kadar estrogen semakin tinggi.
Hormon estrogen memegang peranan penting dalam perkembangan ciri-ciri kelamin skunder, pertumbuhan organ genetalia terjadinya perapatan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologi kewanitaan. Pada masa pubertas organ-organ genetalia lambat laun tumbuh mendekati bentuk dan sifat-sifat wanita dewasa. Vaskularasi uterus bertambah menyebabkan pertumbuhan lapisan endometrium, sehingga merubah uterus menjadi uterus yang matur, dan lapisan enometrium mengalami diferensiasi baik kelenjar maupun selamanya.
Folikel-folikel di ovarium yang tumbuh walaupun tidak sampai terjadi matang karena sebelumnya mengalami atresia namun telah sanggup memproduksi dan mensekresi estrogen, kadar estrogen makin lama makin tinggi dan saat menstruasi mendekat.
Estrogen menyebabkan umpan balik negatif terhadap FSH, dan bertambah akibat pertumbuhan folikel akan menurun dan sebagian mengalami atresia sehingga estrogen yang diproduksi folikel akan menurun pula.
Dengan menurunnya kadar estrogen berakibat pembuluh darah endometrium mengalami Proliferasi atau mengerut dan terputus-putus lapisan endometrium mengalami deskuamasi sehingga terjadi perdarahan dan mengalir melalui vagina berwujud sebagai haid pertama atau menarche. Dengan munculnya menstruasi pada seorang remaja dapat menggambarkan kemampuan untuk bereproduksi.

SIKAP ORANG TUA SAAT ANAK MENARCHE
Reaksi orangtua saat anak menarche ada yang bingung, panik, atau senang karena buah hatinya sudah beranjak remaja.
Menstruasi pertama atau menarche menandai babak baru kehidupan seorang wanita. Itulah sebabnya, setiap orangtua yang memiliki anak wanita hendaknya sudah membekali sang anak dengan pengetahuan tentang menarcheagar si gadis kecil tidak kaget saat siklus kewanitaan itu tiba.
Menstruasi adalah hal lumrah pada wanita, bahkan dikatakan "tidak normal" jika hingga batas usia tertentu belum mengalaminya. Menarche pada setiap anak wanita bisa bervariasi, umumnya terjadi pada usia 9-14 tahun, kendati bisa jadi lebih awal (usia 8 tahun). Ada juga yang pada usia 16 tahun baru mengalami haid.
Idealnya orangtua, terutama ibu, sudah mulai memberikan gambaran tentang menstruasi pada anaknya sejak usia dini, mengingat tidak mudah menebak kapan datangnya menarche. Hal ini penting sebelum anak mendapat informasi dari luar yang belum tentu kebenarannya.
Wayne Adams PhD, psikolog klinis dari George Fox University Newberg, mengungkapkan, menstruasi menandai perubahan yang besar dalam diri seorang anak wanita sehingga sangat penting baginya untuk "tidak sendirian" menghadapi pengalaman pertamanya ini.
Anak bisa berbicara kepada ibunya, kakak perempuannya, atau teman-temannya saat terjadi gejala seperti perut mulas, buah dada mengencang, atau timbul jerawat. Perubahan ini sebenarnya bisa diamati orangtua, dan kemudian orangtua sudah bisa memulai untuk menceritakan. Bekal penting lainnya adalah persiapan mental. Hal ini juga untuk mengantisipasi rasa minder bila si anak terlalu dini ataupun telat mengalami menarche dibanding rekan sebayanya.
Psikolog Rose Mini AP menekankan pentingnya keterbukaan dan komunikasi efektif antara orangtua dan anak. Pemilik Essa Consulting ini menyayangkan masih banyaknya orangtua yang susah menjangkau anak-anaknya, atau si anak pada saat mau ngomong juga merasa tidak enak atau takut.
"Masalah komunikasi seperti ini sebaiknya dihindari agar anak dalam keadaan apa pun, senang ataupun sedih, mau bercerita kepada orangtuanya. Begitu pun saat anak membuat masalah, dia akan cerita bahwa dia melakukan kesalahan, tanpa takut dimarahi. Karena itu, perlakuan orangtua juga harus baik," tutur Mbak Romi. Ia menambahkan, orang harus lebih jeli kepada anak-anaknya, terutama saat mulai akil balig yang mana biasanya anak mengalami perubahan fisik dan hormonal. Pada anak yang baru haid biasanya siklusnya belum teratur, ini juga penting untuk dijelaskan mengapa hal itu bisa terjadi. "Jika tidak dijelaskan, maka anak pemahamannya tidak ada. Padahal kalau si anak mendapatkannya dari luar belum tentu bisa menjelaskannya dengan baik, dan itu bisa fatal. Misalkan dia pikir tidak mens itu tidak apa-apa, padahal kalau mens awal itu memang siklusnya kadang belum teratur," papar ibu satu anak ini.
Hal lain yang sangat krusial adalah memberitahu anak bagaimana merawat dan menjaga dirinya dalam kaitannya dengan pergaulan di luar, terutama dengan lawan jenisnya, baik di lingkungan rumah maupun di sekolahnya.


DAFTAR PUSTAKA

1)      Manuaba, 2001. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan. Jakarta: EGC
2)      Prawirohardjo, S. 2008. Ilmu Kandungan. Jakarata: Yayasan Bina Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...