Kamis, 29 November 2012

KEBUTUHAN GIZI PADA MENOPAUSE


KEBUTUHAN GIZI PADA MENOPAUSE

1. Makanlah aneka ragam makanan


2. Makanlah sumber karbohidrat kompleks (serealia dan umbi)


3. Batasi minyak dan lemak secar berlebihan


4. Makanlah sumber zat besi secara bergantian antara sumber hewani dan nabati.


5. Minumlah air yang bersih, aman, dan cukup jumlahnya dan telah didihkan.


6. Kurangi konsumsi makanan jajanan dan minuman yang tinggi gula murni dan lemak.


7. Perbanyak frekuensi makanhewani laut dalam menu harian.


8. Gunakanlah garam berodium, namaun batasilah penggunaan garam secar berlebihan, kurangi konsumsi makanan dengan pengawaet

Pedoman Umum Gizi Seimbang untuk Lansia

Khusus untuk Indonesia, Departemen Kesehatan telah menerbitkan Pedman Umum Gizi Seimbang (PUGS) (DepKes, 1995) yang berisi 13 pesan dasar gizi seimbang bagi lansia dengan dasar PUGS dan dengan memeprtimbangkan pengurangan berbagai resiko pentyakit degenerasi yang dihadapi para lansia.

LANSIA

Usia tua sudah di mulai pada umur 40 tahun, karena perkembangan fisik akan menurun, tapi perkembangan mental terus berlangsung. Mulai saat itulah kita harus bisa menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan yang hanya di sukai dan yang memberi kepuasan, karena enak di mulut. Tapi memikirkan akibatnya dalam tubuh, karena bukan lagi kesehatan jadi baik, tapi sudah membuat penyakit di tubuh kita. Bagi lansia sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti sayuran segar yang di cuci bersih , buah segar, tahu, tempe yang berprotein tinggi. Terutama hati yang banyak mengandung gizi seperti kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, B2, B12 dan vitamin C.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...