Selasa, 27 Desember 2011

HIPERTENSI PADA IBU HAMIL


Flowchart: Punched Tape: HIPERTENSI

Tekanan Darah Tinggi atau biasa disebut Hipertensi adalah tekanan yang diakibatkan dari aliran darah yang dipompa oleh jantung, mengalir dengan cepat sehingga menekan dan merusak dinding arteri pada pembuluh darah.
Jika pada pemeriksaan tekanan darah seseorang diatas 140/90 mmHg (140 mmHg sistolik atau 90 mmHg diastolik ) maka bisa dikatakan seseorang tersebut mengalami hipertensi. Wanita yang mengalami tekanan darah diatas 180/110 mm Hg diperlukan penanganan dan perawatan khusus, karena ini tergolong tekanan darah tinggi yang berat. Hipertensi dapat menjadi semakin buruk bila seseorang yang terkena hipertensi itu sedang dalam keadaan hamil, bahkan bisa berakibat stroke atau pembengkakan otak.
Wanita yang sebelum hamil telah menderita hipertensi beresiko mengalami komplikasi lebih besar pada kehamilannya dibanding wanita yang baru menderita hipertensi ketika hamil. Perhatian khusus sangat dibutuhkan bagi Wanita yang menderita hipertesi kehamilan (menderita hipertensi sewaktu hamil).
GEJALA HIPERTENSI PADA IBU HAMIL
- Sakit kepala
- Mudah lelah
- Mual
- Muntah
- Sesak napas
- Gelisah
- Perdarahan dari hidung
- Wajah kemerahan
- Pandangan menjadi kabur sebab adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal.

PENYEBAB HIPERTENSI PADA IBU HAMIL
Munculnya hipertensi bisa disebabkan karena konsumsi alkohol, sensitifitas garam, kelebihan berat badan, kebiasaan hidup tidak sehat atau faktor keturunan.
Dampak terbesar hipertensi pada wanita hamil :
- Kerusakan pada ginjal
- Menderita preeclampsia (keracunan kehamilan)
- Keracunan pada kehamilan
- Membahayakan baik pada ibu maupun bagi janin
- Kerusakan pembuluh darah
- Stroke
- Gagal jantung di kemudian hari
- Keguguran,
- Berat badan janin lahir rendah
- Lahir premature.


PENCEGAHAN HIPERTENSI
Untuk menghindari hipertensi terjadi khususnya untuk ibu yang sedang hamil, konsumsi saja beberapa makanan di bawah ini.
Seledri
Seledri sudah lama digunakan pakar pengobatan oriental sebagai anti-hipertensi. Setiap hari Anda sedikitnya harus makan 4 pucuk seledri untuk menjaga tekanan darah. Boleh juga dibuat jus agar mudah diminum.
Bawang Putih dan Bawang Bombai.
Bawang putih kerap dijuluki ‘obat ajaib’ untuk jantung, karena bermanfaat bagi seluruh sistem kardiovaskular. Hasil studi menunjukkan pasien hipertensi yang diberi sesiung bawang putih setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan diastolik dan kolesterol. Kurang suka dengan aroma bawang putih? Campurkan saja irisan bawang bombai ke dalam masakan.
Tomat
Tomat mengandung GABA (gamma-amino butyric acid), yang dapat menurunkan tekanan darah. Coba pula mengonsumsi brokoli yang bermanfaat serupa.
Rempah Segar
Tukar garam dengan cincangan rempah segar seperti oregano, jintan, lada hitam, thyme, dan daun salam. Masakan Anda pun tak akan terasa ‘anyep’ di lidah tetapi tetap sehat. Bila memungkinkan gunakan rempah yang segar. Rempah-rempah ini juga mengandung banyak antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan.
Yogurt
Ganti menu sarapan atau camilan Anda dengan yogurt. Dibandingkan susu rendah lemak, yogurt mengandung 50% lebih banyak kalsium dan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah. Mereka yang mengonsumsi kedua mineral ini dan menjaga asupan garam, terbukti berhasil menurunkan tekanan darah sistolik dan diastoliknya.
Anda yang bertekanan darah normal pun dapat memanfaatkannya, karena semakin mendekati angka tekanan darah yang sehat (120/80), jantung akan semakin sehat. Jika tak suka yogurt, cobalah mencampurkannya ke dalam makanan kesukaan Anda. Semisal bubur havermut, sup atau minuman cokelat panas.
PENGOBATAN
Beberapa hal yang bisa anda kerjakan ketika anda hamil:
  1. Dapatkan perawatan medis prenatal (regular prenatal medical care) dengan layak dan teratur.
  2. Lakukan olahraga selama kehamilan.
  3. Hindari penggunaan alkohol dan produk tobacco (tembakau).
  4. Konsultasikan dengan dokter mengenai apapun obat-obat yang dijual bebas di apotek yang anda minum atau anda berpikir ingin menggunakannya.



    SEMOGA BERMANFAAT ^_^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...